Senin, 21 Februari 2011

POLA HIDUP SEBAGAI SUMBER PENYAKIT




Selain faktor genetik, pola hidup adalah penyebab utama kita sakit. Pola hidup terdiri dari :
1.       POLA PIKIR
2.       POLA MAKAN & MINUM
3.       POLA NAPAS

A.      POLA PIKIR
Pola pikir negatif memiliki andil terbesar yang menyebabkan kita sakit, karena dengan pola pikir yang negatif maka energi yang di pakai menjadi sangat besar sehingga kebutuhan organ tubuh akan energi tidak tercukupi, dan akibatnya organ tubuh kita bekerja dengan beban yang sangat berat.
Banyak buku yang beredar, dan hamper semua buku tentang pola pikir mengajarkan kita untuk berfikir positif (positive thinking), bahkan ada juga buku yang mengajarkan kita untuk memanfaatkan kekuatan berfikir positif dalam meraih keberhasilan.
Ada yang berpendapat pola pikir positif saja tidaklah cukup untuk saat ini, dimana selain pola pikir yang positif kitapun di tuntut untuk mampu membatasi pola pikir kita agar kita tidak terjerumus ke hari esok yang masih menjadi rahasia Tuhan, dan hari kemarin yang sudah menjadi urusan Tuhan.
Cara mudah agar kita mampu menyukuri nikmat Tuhan dan memanfaatkan hari ini dengan sebaik-baiknya adalah : PLAN YOUR WORK & WORK YOUR PLAN
Rencanakan segala aktifitas kita hari ini dan kerjakan rencana kita hari ini sebaik-baiknya, niscaya kita tidak hanya akan tambah sehat, tapi juga akan bertambah bahagia.

B.      POLA MAKAN
Pola makan mencakup 3(tiga) hal, yaitu:
1.       -Apa yang kita makan.
2.       -Kapan kita makan.
3.       -Bagaimana cara kita makan.

1.       APA YANG KITA MAKAN .
Pedoman makanan apa yang baik untuk kita makan adalah yang memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna. Pada dasarnya tidak ada makanan yang perlu di pantang ( terkecuali babi bagi yang muslim), yang harus di hindari adalah TERLALU (terlalu banyak/terlalu sedikit), jadi makanlah untuk hidup secukupnya, jangan hidup untuk makan berlebihan.

2.       KAPAN KITA MAKAN .
Prekuensi makan yang terbaik adalah 2 kali dalam sehari, dengan waktu yang terbaik adalah pada pagi dan siang hari. Dianjurkan pada pagi hari antara jam 09.00 – 10.00 kita makan (bukan sarapan) secukupnya agar kebutuhan kalori untuk beraktifitas di siang hari dapat di penuhi dengan baik. Sore hari kita makan lagi antara jam 16.00 – 18.00. usahakan, jam 18.00 adalah waktu terakhir kita makan.
Denga waktu makan terakhir kita sore hari akan memungkinkan makanan dicerna dengan sempurna oleh tubuh kita, sehingga pada saat kita tidur, kerja lambung kita akan lebih sempurna, tidak akan terjadi penimbunan lemak di perut kita.
Seandainya diantara atau di luar 2 waktu makan tersebut kita merasa lapar, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mudah di cerna, misalnya buah semangka, apel, papaya, melon dan lain-lain.

3.       BAGAIMANA CARA KITA MAKAN.
Setiap orang di anjurkan untuk makan minimal 30 kali. Alasannya adalah karena :
Semakin lembut kita kunyah makanan kita sebelum kita telan, makan akan semakin ringan beban kerja lambung kita, dan semakin baik pula kerja enzim di dalam lambung dalam membuang zat – zat yang tidak berguna/ berlebihanbagi tubuh kita.
Suatu kenyataan, saat ini kita hanya mampu bertahan mengunyah makanan kita hanya sampai maksimal 10 kali kinya dan langsung kita telan, dan ini menyebabkan lambung bekerja dengan berat dan kemampuan enzim dalam memilah – milah zat yang berguna bagi tubuh kita menjadi kurang sempurna.
C.      POLA MINUM
Pola dasarnya 70 % dari berat badan kita adalah cairan yang berfungsi sebagai penghantar zat – zat yang berguna ke seluruh tubuh kita, kekuranga cairan (dehidrasi) akan sangat berbahaya dan dapat merusak organ tubuh kita. Air berfungsi juga sebagai media pembuang racun dari dalam tubuh berupa urine dan keringat dimana melalui urine dan keringat, limbah dari tubuh kita buang.
Air yang sangat baik untuk kita minum adalah  air biasa yang telah kita rebus (bukan air es dan bukan pula air panas), dengan pola minum yang terbaik adalah sebagai berikut:
1.       Pagi sesaat kita bangun tidur, sebelum kita ke kamar mandi minum 2 gelas.
2.       Pagi sebelum kita makan pagi minum 1 gelas.
3.       Siang sampai sore sebelum kita makan usahakan kita minum minimal 4 gelas .
4.       Sesaat setelah kita makan sore minum 1 gelas.
5.       Malam jauh sebelum kita tidur minum 1 gelas.
6.       Sebelum kita tidur minum 1 gelas.

D.      POLA NAPAS
Pola napas yang baik tidak hanya mampu melipatgandakan produksi energi di dalam tubuh kita, tetapi bila disertai denag gerakan yang tepat, maka energi yang besar tersebut akan memiliki efek pengobatan atau mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengobati dirinya sendiri, selain manfaat-manfaat lainnya.

sumber : first choise for health (bio energy power)

0 komentar:

Posting Komentar